FADLI ZON PANEN BERAS MERAH DAN LENGKUAS

Bogor, Fadli Zon Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Panen Padi Merah & Lengkuas di kebun Percontohan Pemuda Tani Jonggol Bogor di dampingi Suroyo Ketua Harian Pemuda Tani, Adi Pramudya Ketua Bisnis Pemuda Tani dan Subuh Prabowo Direktur Eksekutif HKTI

Dalam kesempatan ini, Fadli Zon juga menyempatkan berdialog bersama ketua kelompok Tani se kecamatan Jonggol dan Cariu bogor. Dalam diskusi, petani mengeluhkan beberapa kendala yang dihadapi selama bertani. Di antaranya banyaknya terjadi gagal panen karena serangan hama yang merajalela, tidak adanya sistem irigasi yang bagus sehingga pola tanam masih sangat tergantung dengan musim hujan sampai harga beras yang selalu rendah. Selain itu, kendala utama petani adalah kurangnya regenerasi. Mayoritas petani di desa jonggol berusaia lanjut.

Hal ini karena, banyak pemuda desa yang melihat pertanian bukan lagi sektor yang menjanjikan. “Banyak hal yg menjadi penyebab kurang minatnya pemuda untuk bertani, mulai dari harga beras yang rendah karena banyaknya produk impor, sampai konversi lahan dimana-mana” ujar Kang Enduy Ketua kelompok tani albasia.

Dalam kesempatan ini, Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua DPR RI mengatakan, HKTI dan Pemuda Tani Indonesia akan terus berkomitmen membangun pertanian Indonesia. Fadli Zon juga akan mendorong pemerintah supaya bisa memberikan program yang tepat guna sehingga masyarakat dapat merasakan bantuan tersebut. Masalah kurangnya regenerasi petani, Fadli mengatakan, HKTI bersama Pemuda Tani Indonesia telah bekerjasama dalam peningkatan minat pemuda untuk bertani.

Suroyo Ketua harian DPP Pemuda Tani Indonesia menegaskan bahwa “Pemuda Tani Indonesia memiliki 3 fokus kegiatan dalam rangka meningkatkan minat pemuda untuk bertani, yang pertama yaitu kampanye ayo bertani, kedua dengan pendidikan dan pelatihan pertanian pada generasi muda dan yang ketiga adalah pendampingan dengan ikut serta membantu dalam proses pemasaran serta memberikan akses permodalan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *