Fary Francis Lantik Pemuda Tani Sulut dan fasilitasi Bantuan 250 Juta

Manado, 2 Mei 2018 Fary Djemy Francis melantik Pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Periode 2018 – 2023. Acara pelantikan dilakukan di Balai Desa Warukapas Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara. Terpilih sebagai ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara yaitu Cynthia Erkles. Dipilihnya Cynthia sebagai ketua karena Chynthia dikenal sebagai tokoh muda penggiat pertanian, khususnya sektor perikanan air tawar. Wanita yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara ini memiliki banyak bisnis di bidang pertanian. Selain itu, Chynthia juga aktif membina masyarakat dalam sektor perikanan air tawar.

Dalam sambutannya, Fary sangat bangga terhadap Chynthia. Selain wanita pertama yag menjadi Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia, Chynthia juga sudah berperan banyak untuk pertanian Sulawesi Utara khususnya Daerah Minahasa. Fary berharap Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara segera melakukan konsolidasi dan menyusun proram yang aplikatif sebagai pemicu semangat bagi Pemuda Sulut untuk bertani. Selain itu, Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara juga harus mampu membangun kemitraan dengan stakeholder guna memajukan pertanian, lanjut Fary. Dalam kesempatan tersebut, Fary juga berpesan agar Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara aktif dalam advokasi memperjuangkan hak hak petani.

Pada kesempatan tersebut, Chynthia berjanji akan meningkatkan minat pemuda untuk bertani dan menjadikan petani sebagai profesi yangmenjanjikan. Meskipun saat ini pertanian memiliki beberapa masalah diantaranya lahan pertanian yang terbatas, minimnya pelatihan dan pendampingan bagi petani serta kurangnya jaringan pasar dan modal. “Berangkat dari masalah tersebut, saya bersama teman teman Pengurus DPD Pemuda Tani Sulawesi Utara merasa tertantang untuk ikut andil dalam menyelesaikan persoalan pertanian ini.”

Dalam kesempatan tersebut, DPP Pemuda Tani Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan bantuan permodalan uang tunai senilai 50 juta rupiah dan bantuan bioflok untuk budidaya perikanan air tawar senilai 200 Juta Rupiah kepada Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara bersama Pemerintah Desa warukapas.

Menurut Suprapedi, hal ini dilakukan karena melihat semangat dan potensi dari DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara dalam mengelola pusat pelatihan perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *